Rumus dan Persamaan Kimia

Rumus dan Persamaan Kimia

Rumus kimia merupakan lambang atom dengan komposisi tertentu. Unsur yang menyusun suatu senyawa tanpa menyebut senyawa tersebut termasuk senyawa ionik atau kovalen.


Rumus kimia suatu senyawamenyatakan lambang dan jumlah atom unsur yang menyusun suatu senyawa tanpa menyebut senyawa tersebut termasuk senyawa ionik atau kovalen. Rumus kimia sendiri terbagi menjadi rumus empiris dan rumus molekul. 


Rumus molekul dan rumus empiris suatu senyawa hanya terjadi perbedaan jumlah atom sedangkan atom unsur penyusun senyawa tetap. Namun demikian beberapa senyawa memiliki rumus molekul dan rumus empirisnya yang sama, misalkan H2O (air) dan NH3 (amoniak).


Jumlah atom dalam suatu rumus kimia menyatakan jumlah mol dari unsur terkait, jadi rumus kimia suatu senyawa merupakan perbandingan mol atom unsur penyusun senyawa tersebut. Dari perbandingan atom atau perbandingan mol ini dapat ditentukan perbandingan massa dan % massa dari unsur-unsur yang menyusun senyawa tersebut.


Untuk memperjelas hal ini perhatikan contoh berikut! misalnya vitamin C yang mengandung asam askorbat dengan rumus molekul C6H8O6, maka:
· Rumus molekul C6H8O6
· Perbandingan mol atom unsur
C : H : O = 6 : 8 : 6
· Perbandingan massa unsur
C : H : O = 6 x Ar. C : 8 x Ar.H : 6 x Ar.O
= (6 x 12) : (8 x 1) : (6 x 16)
= 72 : 8 : 96
· Jumlah perbandingan = Mr
72 + 8 + 96 = 176

% massa masing-masing unsur








Berikut adalah rumus untuk menghitung % massa unsur dalam senyawa




1. Rumus Molekul

Rumus molekul menyatakan jenis dan jumlah atom dalam tiap molekul zat. Hanya unsur dan senyawa yang mempunyai rumus molekul

Contoh :

Rumus molekul air adalah H2O Artinya tiap molekul air terdiri dari 2 atom hidrogen (H) dan 1 atom oksigen (O).

Dari rumus molekul asam cuka diketahui bahwa rumus molekul tersebut tidak ditulis C2H4O2. Beberapa alasan rumus molekul asam cuka tidak ditulis demikian yaitu :
  • Untuk membedakan dengan senyawa lain yang memiliki jumlah atom penyusun yang sama misalnya metil format (HCOOCH3)

  • Rumus molekul menggambarkan struktur molekul. Artinya dari rumus molekul kita dapat menunjukan atom-atom saling berikatan. Pada molekul asam cuka atom C yang pertama mengikat

  • atom H dan 1 atom C berikutnya dan atom C berikunya mengikat 2 atom O kemudian 1 atom O mengikat 1 atom H

2. Rumus Empiris

Rumus Empiris adalah rumus kimia yang menyatakan perbandingan terkecil jumlah atom -atom pembentuk senyawa. Misalnya senyawa etena yang memiliki rumus molekul C2H4, maka rumus empiris senyawa tersebut adalah CH2.

Contoh : 
Suatu senyawa mengandugn 64,6 g natrium, 45,2 g belerang dan 90 g oksigen. Jika diketahui Ar.N = 23, Ar.S = 32, ddan Ar.O = 16. Maka tentukan rumus empiris senyawa tersebut? 

Jawab :


Jadi rumus senyawa kimia tersebut adalah Na2SO4.

Persamaan Kimia / Reaksi

Persamaan reaksi menggambarkan rekasi kimia, yang terdiri ata rumus kimia zat-zat perekasi dan zat-zat hasil reaksi disertai koefisien dan fasa masing-masing. Reaksi kimia itu sendiri merupakan contoh yang paling sesuai untuk perubahan kimia. Pada reaksi kimia, satu zat atau lebih diubah menjadi zat baru. Zat-zat yang bereaksi di sebut pereaksi (rekatan) sedangkan zat baru yang dihasilkan disebut hasil reaksi (produk).

Penggambaran persamaan reaksi adalah rumus kimia zat-zat perekasi (reaktan) disebelah kiri anak panah dan zat-zat hasil reaksi (produk) disebelah kanan anak panah. Anak panah dibaca yang artinya "membentuk" atau "bereaksi menjadi". 

Contoh :
Reaksi anatar gas Hidrogen dengan gas Oksigen membentuk air sebagai berikut :

Artinya : Hidrogen berekasi dengan oksigen membentuk air
itu berarti 2 molekul hidrogen berekasi dengan 1 molekul oksigen membentuk 2 molekul H2O

Huruf kecil dalam tanda kurung menandakan wujud zat, yaitu :
- s = solid (padat)
- g = gas
- l = liquid (cairan)
- aq = aqueous (larutan)

Suatu persamaan disebut setara jika jumlah suatu unsur pada sebelah kiri persamaan sama dengan jumlah unsur tersebut di sebelah kanan & dalam reaksi ionik, jumlah total muatan harus setara juga.


Contoh Menyetarakan Persamaan Reaksi:
Tinjau reaksi antara logam natrium & gas klorin. Berdasarkan percobaan, 
dalam reaksi tsb dihasilkan natrium klorida dgn rumus kimia NaCl. Bagaimanapersamaan reaksinya?

Langkah 1 : Tulis kerangka untuk reaksinya

Na + Cl2 -> NaCl

Persamaan tersebut belum setara sebab pada hasil reaksi ada satu atom klorin, sedangkan pada pereaksi ada dua atom klorin dalam bentuk molekul Cl2 yang sesuai. Bilangan yang ditambahkan ini dinamakan koefisien reaksi. Jadi untuk menyetarakan persamaan reaksinya dengan cara menentukan nilaikoefisien reaksi

Langkah 2 : Ada 2 atom Cl yang bereaksi maka bubuhkan angka 2 didepan NaCl. Persamaan kerangka menjadi :

Na + Cl2 -> 2NaCl

Jumlah atom Cl di sebelah kiri dan kanan persamaan sudah setara (ruas kiri dan kanan mengandung 2 atom Cl)
    Tetapi di ruas kanan jumlah atom Na menjadi 2, sedangkan ruas kiri hanya 1 atom. Untuk menyetarakannya, tambahkan angka 2 di depan lambang unsurNa sehingga persamaan menjadi:

2Na + Cl2 -> 2NaCl

Tambahkan wujud atau fasa zat yang terlibat dalam reaksi kimia, persamaan reaksi sudah setara

2Na(s) + Cl2(g) -> 2NaCl(s)



















0 komentar:

Posting Komentar