Pasar Persaingan Sempurna dalam Ekonomi Industri

Pasar Persaingan Sempurna dalam Ekonomi Industri

Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Struktur Pasar memiliki pengertian penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri. Struktur pasar dibagi menjadi 2 yaitu : Pasar persaingan sempurna dan Pasar persaingan tidak sempurna.

Pasar persaingan sempurna adalah Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Stigler (1957) dan McNulty (1968) selanjutnya memberikan kontribusi pada evolusi pengertian persaingan. Pada pasar persaingan sempurna tidak diperlukan strategic interaction karena harga pasar merupakan rujukan untuk kegiatan operasional yang mereka harus lakukan. Pada pasar persaingan (competitive market), pesaing dan sumberdaya dapat masuk dan keluar pasar tampa hambatan.


Pada pasar persaingan sempurna, strategi efisiensi untuk menghasilkan produk dengan biaya relatif murah (lower cost) menjadi strategi yang umum dilakukan oleh perusahaan untuk bersaing atau merintis ekspansi di dalam jangka panjang. Kondisi ini yang menjadi elaborasi definisi pertama konsep  persaingan yang menjamin terwujudnya efisiensi perusahaan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang untuk mendapatkan laba maksimum. Jika suatu perusahaan tidak mampu bekerja efisien sehingga biaya rata-rata diatas Pe maka perusahaan berpotensi untuk bangkrut atau exit dari pasar. Perusahaan yang mampu efisien di dalam jangka panjang atau bekerja pada skala ekonomis (economies of scale) akan sekaligus menciptakan hambatan (barrier) bagi perusahaan baru (new entrants) untuk masuk pasar. Asumsi yang digunakan pada kondisi ini adalah sifat produk yang homogin atau standard. Dari perspektif sosial, akibat yang ditimbulkan dari praktek persaingan pada pasar persaingan (competitive market) adalah terwujudnya efisiensi dengan indikasi harga produk relatif murah sehingga memunculkan kesejahteraan social dengan indikasi diperolehnya surplus konsumen (consumer surplus) sebesar AEPe dan surplus produsen (producer surplus) sebesar PeEB

Pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai suatu struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau pun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar. Ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna adalah :
  • Perusahaan adalah pengambil harga
  • Setiap perusahaan mudah keluar atau masuk
  • Menghasilkan barang serupa
  • Terdapat banyak perusahaan di pasar
  • Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna mengenai pasar


Pasar persaingan sempurna memiliki bebarapa kebaikan dibandingkan pasar-pasar yang lainnya antara lain :
1. Persaingan sempurna memaksimumkan efisiensi
Sebelum menerangkan kebaikan dari pasar persaingan sempurna ditinjau dari sudut efisiensi, terlebih dahulu akan diterangkan dua konsep efisiensi yaitu:
a. Efisiensi produktif 
b. Efisiensi Alokatif

Kebebasan bertindak dan memilih

Disamping memiliki kebaikan-kebaikan, pasar persaingan sempurna juga memiliki keburukan-keburukan antara lain :

a. Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi
b. Persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya social
c. Membatasi pilihan konsumen
d. Biaya produksi dalam persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
e. Distribusi pendapatn tidak selalu merata

Sumber : 
http://www.slideshare.net/alifasya/struktur-pasar-dan-peran-pasar-dalam-perekonomian-hew-hew
http://giovannisaragih.blogspot.com/2013/04/pasar-persaingan-sempurna-dan-daya.html
https://emperordeva.wordpress.com/about/makalah-pasar-persaingan-sempurna/
https://www.academia.edu/9775712/Makalah_ekonomi_Pasar_Persaingan_pasar_industri
https://www.digilib.unila.ac.id/993/8/BAB%20II.pdf

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda