Oligopoli dalam Struktur Pasar

Oligopoli dalam Struktur Pasar

Ciri keterkaitan yang khas pada pasar oligopoli adalah kebijakan penurunan harga barang oleh suatu perusahaan cenderung akan diikuti oleh perusahaan lannnya. Hal ini tidak terjadi ketika perusahaan lainnya menaikkan harga barannya. Contoh pasar oligopoli antara lain pasar bagi perusahaan industri motor, industri baja, industri rokok, dan industri sabun mandi. Dalam perekonomian yang sudah maju, pasar oligopoli banyak dijumpai karena didukung oleh teknologi yang sangat modern. Teknologi modern akan memberikan efisiensi yang sangat optimum ketika jumlah produksi mencapai jumlah yang sangat besar. Keadaan ini menimbulkan jumlah perusahaan yang terlibat dalam pasar oligopoli menjadi sangat sedikit.

Ciri-ciri pasar oligopoli di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Perusahaan menghasilkan barang standar dan barang dengan jenis/corak beragam. 
  2. Promosi melalui iklan secara terus-menerus. 
  3. Hanya terdapat sedikit penjual, biasanya antara tiga  sampai dengan sepuluh yang menjual produk substitusi. Pasar oligopoli mempunyai kurva permintaan dengan elastisitas silang atau cross elasticity of demand yang relatif  tinggi.
  4. Pada pasar oligopoli terdapat rintangan yang menyebabkan perusahaan lain sulit memasukinya. Hal ini karena perusahaan yang ada dalam pasar hanya sedikit.
  5. Keputusan harga yang diambil oleh suatu perusahaan harus dipertimbangkan oleh perusahaan yang lain. kekuatan harga tergantung pada cara harga itu ditentukan. 


Struktur pasar ada karena adanya beberapa unsur penting yaitu :
  • Differensiasi produk
  • Hambatan masuk pasar suatu industri
  • Struktur biaya
  • Campurtangan pemerintah
  • Konsentrasi -> effisiensi -> inovasi


Struktur pasar mempunyai pengaruh yang besar terhadap prilaku dan kinerja industri. konsentrasi suatu industri merupakan gambaran dari suatu perusahaan . Contoh : adanya oligopoli yang kuat dalam struktur pasar karena menguasai 60% dari pangsa pasar . Hambatan masukna suatu perusahaan dalam suatu industri dilihat dari kemampuan suatu perusahaan dalam memainkan harga. hambatan-2 tersebut dapat berupa hambatan yang besar , menengah , dan kecil. Campur tangan pemerintah dalam struktur pasar di berkenankan hanya sebagai dorongan bagi para produsen.
Kebijakan Mengatur oligopoli
Pada prakteknya, pasar oligopoli memiliki kebaikan sebagai berikut :
  1. Adanya efisiensi dalam menjalankan kegiatan produksi
  2. Persaingan di antara perusahaan akan memberikan keuntungan bagi konsumen dalam hal harga dan kualitas barang.

Selain menawarkan keunggulan, pasar oligopoli juga memiliki kelemahan, yaitu :

  1. Dibutuhkan investasi dan modal yang besar untuk memasuki pasar, karena adanya skala ekonomis yang telah diciptakan pemain lama sehingga sulit bagi pesaing baru untuk masuk ke dalam pasar.
  2. Pemain lama bisa mendaftarkan produknya sehingga memiliki hak paten yang menghalangi perusahaan lain untuk memproduksi barang sejenis.
  3. Perusahaan yang telah memiliki pelanggan setia akan menyulitkan perusahaan lain untuk menyainginya
  4. Adanya hambatan jangka panjang seperti pemberian hak waralaba oleh pemerintah sehingga perusahaan lain tidak bisa memasuki pasar
  5. Adanya kemungkinan terjadinya kolusi antara perusahaan di pasar yang dapat membentukmonopoli atau kartel yang merugikan masyarakat.
Sumber :

http://www.pdfseeker.net/pdf/jurnal-internasional-pasar-oligopoli.html
http://ardra.biz/ekonomi/ekonomi-mikro/pengertian-fungsi-jenis-pasar/pengertian-ciri-ciri-pasar-oligopoli/
http://id.wikipedia.org/wiki/Oligopoli
http://dosenfeums.blogspot.com/2012/12/jurnal-pasar-oligopoli-di-indonesia.html
http://www.slideshare.net/efvolutionzunior/pasar-oligopoli-11575650

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda