Ekonomi Industri

Ekonomi Industri

Ekonomi Industri adalah cabang dari ekonomi mikro yang mempelajari keterkaitan antara struktur industri, perilaku industri dan kinerja industri. Sedangkan Industri (mikro) merupakan kumpulan perusahaan yg menghasilkan brg homogen, atau brg yg mempunyai sifat saling mengganti yg sangat erat. (Hasibuan,1993,12) dan Industri (makro) dari sisi pembentukan pendapatan ,industri diartikan sebagai kegiatan ekonomi yg menciptakan nilai tambah. Persoalan utama yang dibahas dalam ekonomi Industri adalah berkaitan dengan perilaku perusahaan industri didalam bersaing.Ilmu ekonomi industri mempelajari berbagai kebijaksanaan perusahaan terhadap pesaing dan pelanggan yang berada di dlm pasar, dan keadaan industri yg bersaing dan industri yg kurang bersaing.


Ekonomi industri juga memberikan wawasan ke dalam bagaimana perusahaan mengatur kegiatan mereka, serta mempertimbangkan motivasi mereka. Dalam banyak program mikro maksimalisasi keuntungan diambil seperti yang diberikan, tetapi banyak program ekonomi industri memeriksa tujuan alternatif, seperti mencoba untuk meningkatkan pangsa pasar. Ketika menganalisis pengambilan keputusan di tingkat perusahaan individu dan industri, Ekonomi Industri membantu kita memahami masalah-masalah seperti: 
  • Tingkat di mana kapasitas, output dan harga ditetapkan; 
  • Sejauh produk dibedakan dari satu sama lain; 
  • Berapa banyak perusahaan berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan (R & D)
  • Bagaimana dan mengapa perusahaan beriklan 


Salah satu masalah utama di bidang ekonomi industri menilai apakah pasar kompetitif. Pasar kompetitif biasanya baik bagi konsumen (meskipun mereka mungkin tidak selalu layak) sehingga program yang paling ekonomi industri meliputi analisis bagaimana mengukur tingkat persaingan di pasar. Kemudian mempertimbangkan apakah peraturan yang diperlukan, dan jika demikian bentuk itu harus mengambil. Ada lagi dimensi internasional ini, sebagai perusahaan yang beroperasi di lebih dari satu negara akan menghadapi rezim peraturan yang berbeda. 

Ekonomi industri menggunakan model teoritis untuk memahami pengambilan keputusan perusahaan dan peraturan, dan siswa harus mengharapkan untuk menggunakan diagram dan mungkin beberapa model matematika dasar, termasuk teori permainan. Selain itu, peneliti sering mengembangkan model statistik empiris untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel yang menarik: misalnya untuk memahami hubungan antara harga produk, iklan dan keuntungan. Sementara sebagian besar program tidak akan mengharuskan mahasiswa untuk melakukan analisis empiris mereka sendiri (yang tersisa untuk kursus ekonometri) memahami dan menafsirkan hasil empiris merupakan keterampilan penting. 

Ada beberapa alasan penting mengapa ekonomi industri umumnya adalah organisasi industri khususnya semakin penting untuk dipelajari baik di negara maju maupun di negara sedang berkembang, karena :
  • Praktek-praktek struktur pasar yang semakin terkonsentrasi dalam kegiatan bisnis dan telah dikenal sejak lama
  • Semakin tinggi konsentrasi industri cenderung mengurangi persaingan antara perusahaan yang kemudian membawa prilaku yang kurang effisien ( melalui pembatasan masuk pasar )
  • Konsentrasi industri yang tinggi membawa konsentrasi kekayaan yang melemahkan usaha-usaha pemerataan baik dilihat dari pemerataan pendapatan, kesempatan kerja maupun kesempatan berusaha.
  • Kaitan strutur industri dengan penyelesaian masalah ekonomi membawa lebih jauh intervensi pemerintah.
  • Kajian tentang struktur pasar, prilaku dan kinerja industri tidak terlepas dari masalah apa yang diproduksi, bagaimana, dan untuk siapa barang tersebut di produksi.


Sumber :
https://ismailrasulong.wordpress.com/ekonomi-pembangunan-ii/ekonomi-industri/
http://agussiswoyo.net/ekonomi/pengertian-industri-secara-umum-arti-luas-dan-arti-sempit-industri/
http://www.oocities.org/hri_d/MataKuliah/industri.html
http://studyingeconomics.ac.uk/industrial-economics/
http://materikuliahuvayabjb.blogspot.com/2012/04/ekonomi-industri.html

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda