Sinar Mas Group adalah salah satu konglomerasi terbesar diIndonesia. Perusahaan ini dibentuk tahun 1962 dan memiliki banyak anak perusahaan seperti Asia Pulp & Paper dan produsen minyak sawit PT SMART Tbk. Sinar Mas Group didirikan oleh seorang pengusaha keturunan Tionghoa, Eka Tjipta Widjaja. Bisnis utamanya ialah pulp dan kertas, agribisnis, properti dan jasa keuangan. Eka Tjipta Widjaja datang ke Indonesia pada usia 9 tahun bersama orang tuanya ketika negara asal mereka sedang bergejolak. Perusahaan ini mendirikan anak perusahaan di India pada 1990-an yang kemudian dijual kepada Ballarpur Industries Limited tahun 2001.
Industri Telekomunikasi (PT Smartfren Telecom Tbk)
PT Smartfren Telecom, Tbk. adalah operator penyedia jasa telekomunikasi berbasisteknologi CDMA yang memiliki lisensi selular dan mobilitas terbatas (fixed wireless access),serta memiliki cakupan jaringan CDMA EV-DO (jaringan mobile broadband yang setaradengan 3G) yang terluas di Indonesia.
Smartfren merupakan operator telekomunikasi pertama di dunia yang menyediakan layanan CDMA EV-DO Rev. B (setara dengan 3,5G di GSM dengan kecepatan unduh s.d. 14,7 Mbps) bersama Qualcommsebagai penyedia infrastruktur dan operator CDMA pertama yang menyediakan layanan Blackberry.
Jasa dan layanan smartfren memiliki nilai-nilai (values) yaitu sebagai mitra yang terbaik bagi pelanggan dengan menawarkan solusi yang cerdas dalam layanan-layanan telekomunikasi untuk meningkatkan pengalaman hidup pelanggan dalam berkomunikasi.
Sebagai operator CDMA yang menyediakan jaringan internet kecepatan tinggi bergerak (mobile broadband) yang terluas di Indonesia, smartfren berkomitmen untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi yang terjangkau bagi masyarakat dengan kualitas terbaik.
PT Smartfren Telecom Tbk (smartfren) awalnya bernama PT Smart Telecom Tbk dan PT Mobile-8 Telecom Tbk (Mobile-8) sebelum bulan April 2011. PT Mobile-8 Telecom Tbk awalnya dimiliki oleh PT Global Mediacom Tbk. Namun akibat krisis finansial dan penurunan penjualan produk, maka Perusahaan ini diakuisisi oleh Sinar Mas Group dengan menggunakan nama PT Smart Telecom Tbk pada bulanNovember 2011. Produk yang dikeluarkan oleh smartfren adalah :
Kartu Smart, Kartu Fren, Kartu Hepi Mobi, Kartu Smartfren Extra (Smart), Kartu Smartfren Extra (Fren), Kartu Smartfren LokalPlus, Kartu Smartfren Social, Kartu Smartfren IHateSlow, Kartu Ummat, HP Smartfren EV-DO XStre@m, HP Smartfren Jambu, HP Smartfren Andro, HP Smartfren Andro Max, HP Smartfren Andromax Modem dan lain-lain.
Strategi Bisnis Smartfren
Pelanggan Smartfren terhitung dari tahun 2013 kemarin telah mencapai hingga 11,3 juta pelanggan, di mana 6 jutanya merupakan pelanggan data. Kebutuhan peningkatan kapasitas jaringan dan infrastruktur menjadi sangat penting mengingat mayoritas masyarakat Indonesia bergantung kepada layanan data. Pada tahun 2014 akan mempersiapkan investasi untuk bisa meningkatkan pelanggan hingga mencapai 15 juta. Tak hanya berinvestasi untuk meningkatkan pelanggan, pihak Smartfren juga hendak meningkatkan kapasitas jaringan serta infrastruktur seperti dengan menambahkan BTS hingga mencapai 6500 BTS, memperluas jaringan fiber optik hingga 4000 km, serta membuat 100 Galeri Smartfren baru.
Selain peningkatan pelanggan, Smartfren juga telah mencapai prestasi bahwa produk smartphone Andromax tercatat sebagai smartphone dengan shipping tertinggi kedua menurut laporan IDC Q4 tahun 2013, dengan total shipping sekitar 581 ribu unit di seluruh area layanannya. Hal tersebut didukung dengan kepopuleran produk Andromax di pasar, terutama produk Andromax C dan Andromax G. Untuk tahun 2014 ini, Smartfren cukup optimis dan tetap berusaha untuk meningkatkan kualitas jaringannya terutama di seluruh Indonesia sehingga pihaknya mampu mencapai pertumbuhan yang positif dan mampu bertahan dari pencapaian yang telah diraih di tahun 2013 kemarin.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sinar_Mas_Group
https://www.academia.edu/9104878/Strategy_Coorporation_PT_Sinarmas_TBK
http://id.wikipedia.org/wiki/Smartfren
http://www.jagatreview.com/2014/03/smartfren-paparkan-pencapaian-di-2013-serta-strategi-bisnisnya-untuk-2014/
http://issuu.com/tribunjogja/docs/tribunjogja-30-06-2014
0 komentar:
Posting Komentar